Selasa, 24 April 2012


Administrasi dalam pengertian proses atau kegiatan
Menurut sondang P. Siangian Administrasi adalah keseluruan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah dibentuk
Administrasi dalam pengertian tata usaha
Menurut munawardi reksohadiprowiro “dalam arti sempit” administrasi berarti tata usaha yang mencakup setiap pengaturan yang cepat dan sistematis serta penentuan fakta-fakta serta tertulis dangan tujuan memperoleh pandangan yang menyeluruh serta hubungan timbal balik antara satu fakta dengan fakta yang lain.
Administrasi dalam pengertian pemerintah
Menurut wijana, adaministrasi adalah rangkaian semua organ-organ Negara rendah dan tinggi yang bertugas menjalalnkan pemerintahan pelaksanaan dan kepollisian
Pengertian adminstrasi juga di definisikann oleh para ahli dan negeri diantaranya.
1.      Leonard D. White (1958) administrasi adalah suatu proses yang umum dalam semua usaha –usaha suatu kelompok baik dalam usaha umum atau pribadi.
2.      Williaw H Newman (193) administrasi adalah pembinaan, kepemimpinan dan pengawasan usaha-usaha suatu kelompok individu kearah pencapaian tujuan bersama.
Unsur-Unsur Administrasi Negara
Kegiatan yang bersifat kerja sama mencakup bidang yang sengat luas dimana saja kerja sama selalu melekat pada kegiatan manusia menurut The Liang Gie yang disebut adaministrasi adalah, segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
Unsur administrasi terdiri dari:
1.      Kegiatan melibatkan dua orang atau lebih
2.      Kegiatan dilakukan secara bersama-sama
3.      Ada tujuan tertentu yang hendak dicapai
Peran adminiistrasi
1.      Untuk mengembangkan lingkungan yang mampu mendorong munculnya insiatik perseorangan dan berlakunaya control sosial dan kontruktif.
2.      Meningkatkan kemampuan dalam membuat deferminasi kebijakan public yang lebih berdaya guna agar kegiatan pemerintahan dapa diselenggarakan produktif, praktis serta selalu memperimbangkan ukuran ekonomis
Pengertian administrasi perbekalan
1.      Suatu proses secara strategis mengatur pengadaan, gudang penyimpanan dan pergerakan material, komponen dan menyelesaikan inventori ( invormasi yang terkait mengalir ) melalui organisasi dan saluran pemasarannya sedemikan sehingga profitabilitas sekarang dan yang akan datang dimaksimalkan melalui pemenuhan order, pesanan yang hemat biaya.
2.      Rangkaian kegiatan yang meliputi fungsi-fungsi  perencanaan, penentuan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan, peghapusan dan inventarisasi serta piñata usahaannya.
3.      Logistiak yaitu sebagai suatu ilmu pengetahuan atau seni serta proses mengenai proses perencanaan dan penentuan kebutuhan, pengadaan, penyampaian, penyaluran dan pemelilharaan, serta penghapusan material.

Lingkup Keegiatan Logistik
1.      Perencanaan dan pengembangan, pengadaan, penyimpanan, pemindahan, penyaluran, pemeliharaan, pengungsian dan penghapusan alat-alat perlengkapan.
2.      Pemindahan, pengungsian dan perawatan personil.
3.      Pengadaan atau pembuatan, penyelenggaraan, pemeliharaan dan penghapusan fasilitas-fasilitas.
4.      Pengusahaan atau pemberian pelayanan,/bantuan-bantuan
Maksud dan tujuan logistic
Untuk memberikan pengetahuan dasar tentang beberapa segi logistic kepada para pejabat dan masyarakat yang berkecimpung dalam bidang pengelolaan peralatan dan perlengkapan.
Tumbuh saling pengertian mengenai pentingnya pengelolaan peralatan dan perlengkapan secara tertib, sehingga akan tercapai asas koordinasi, integrasi, singkronisasi dan simplifikasi dan pelaksanaanya.
Manajemen logistic
Manajemen logistic adalah suatu ilmu pengetahuan dan seni serta peroses mengenai perencanaan dan penentuan kebutuhan pengadaan, penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan serta penghapusan material.
Fungsi manajemen logistic
1.      Fungsi perencanaan dan penentuan kebutuhan
Perencanaaan adalah proses dasar dimanan manajemen memutuskan tujuan dan cara mencapainya yang tidak berahir bila rencana tersebu;t telah di tetapkan dan hrus diimlementasikan atau d jabarkan.
Perencanaan harus mempertimbangkan kebutuahan fleksibilitas agar mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi baru secepat mungkin

Aspek penting dalam perencanaan adalah pembuat keputusan, proses pengembangan dan penyelesaian sekumpullan kegiatan untuk memecahkan suatu masalah tertentu.

Ada 4 tahapan kegiatan perencanaan yaitu;
a.      Menetapkan tujuan atau sengkaian tujuan yaitu tentang keinginan atau kebutuhan organisasi agar organisasi agar organisasi menggunakan sumber dayanya secara efektif
b.      Merumuskan keadaan saat ini yaitu untuk menggambnarkan rencana kegiatan lebih lanjut dan memerlukan informasi terutama keuangan dan data statistic yang didapatkan melalui komunikasi di dalamm organisasi’
Alasan dasar perlunya perencanaan yaitu:
a.      Perencanaan di lakukan untuk mencapai tujuan protectif benefit adalah yang dihasilakan dari pengurangan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pembuatan keputusan
b.      Perencanaan dilakukan untuk mencapai positif benefits yaitu meninggalkan kesuksesan dalam pencapaian tujuan organisasi.

Fungsi pengadaan
Fungsi pengadaan adalah segala kegiatan dan usaha untuk menambah dan memenuhi kebutuhan barang dan jasa berdasarkan peraturan yang berlaku dengan menciptakan suatu yang tadinya belum ada menjadi ada
Pengadaan dapat dilakukan dengan cara
a.      Pembelian
b.      Penyewaan
c.      Peminjaman
d.      Pemberian
e.      Penukaran’
f.       Pembuatan
g.      Perbaikan
Pembelian
3 hal dalam dalam menentukan kelancaran pembelian
1.      Badan pelaksaana pembelian
a.      Kantor pembelian
b.      Unit pemakai
c.      Tenaga ahli/konsultan
3 model pembelian
a.      Pembelian terpusat
b.      Tender box
c.      Jasa pembelian
2.      Jasa dan pembentuk pembelian


Bagian mutlak Dallam admninistrasi
a.      Manusia
b.      Misi atau tujuan
c.      Tugas yang hendak dilaksanakan
d.      Sarana dan prasarana
Logistic adalah pengelompokan dari beberapa kegiatan yang sejenis atau yang saling berhubungan, artinya kegiatan yang satu dapat melancarkan kegiatan yang lainnya atau sebaliknya
Manfaat perencanaan
a.      Membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan perubahan lingkungan.
b.      Membantu dalam kristalisasi pnyesuaiana pada masalahh masaalah utama
c.      Memungkinkan menenejer memahami keseluruhan gamabaran operasional dengan lebih jelas
d.      Membantu penempatan tanggung jawab lebih cepat
e.      Menyearankan cara pemberian perintah untuk beroprasii
f.       Memudahkan dalam melaksanakan koordinasi di antar berbagai bagian organisasi
g.      Membuat tujuan lebih khusus terperinci dan lebih mudah dipahami
h.      Meminimumkan pekerjaan yang tidak pasti
i.       Menghemat waktu usaha dan dana
5 kelemahan di dalalm perencanaan
a.      Pekerjaan yang tercakup dalam perencanaan mungkin berlebihan kontribusinya
b.      Perencanaan cenderung menunda kegiatan
c.      Perencanaaan mungkin terlalu membatasi manjemen untuk berinisiatif dan inovatif
d.      Kadang-kadang hasil yang didapat yang paling baik adalah penyelesaian setiiap individu dalam penanganan setiap masalah
e.      Agar rencana yang diikuti dengan cara konsisten
10 faktor yang mempengaruhi penentuan kebutuhan
a.      Factor yuridis
b.      Persyaratan proyek
c.      Evaluasi sosio ekonomi
d.      Evaluasi tekno ekonomi
e.      Perkembangan suadaya dan tembaga
f.       Inventarisasi dan pemeliharaan
g.      Perkembangan biaya
h.      Perkembangan industry dan suplai
i.       Perkembangan politis
j.       Pertimbangan husus penggunaan alat besar
Fungsi penganggaran
Penganggaran adalah semua kegiatan dan usaha untuk merumuskan perincian penentuan kebutuhan dalam suatu skala tertentu yaitu skala mata uang dan jumlah biaya dengan memperhatikan pengarahan dan pembatasan yang berlakunya baginya
Fungsi penganggaran
Semua rencana dari fungsi-fungsi perencanaan dan penentuan kebutuhan lebih lanjut dan untuk di sesuaikan dengan besarnya pembiayaan dan dana-dana yang tersedia
Berbagai macam penganggaran
a.      Anggaran pembelian
b.      Anggaran perbaikan dan pemeliharaan
c.      Anggaran penyampaian dan penyaluran
d.      Anggaran penelitian dan pengembangan barang
e.      Anggaran penyempurnaan admiiniistrasi barang
f.       Anggaran pengawasan barang
g.      Anggraran penyediaan dan peningkatan mutu personil sdm
Berdasarkan sumber sifat dan penggunaan hak anggaran dapat dibagi menjadi
a.      Anggaran dalam negeri
-        APBN
-        APBd
b.      Bantuan pinjaman
c.      Anggaran non APBN/APBD
Siklus anggaran
a.      Perencanaan/penyusunan anggaran
b.      Pelaksanaan anggaran
c.      Penguasaan anggaran
d.      Pertanggung jawaban anggaran
Pengesahan anggaran
Urutan siklus anggaran
a.      Perencanaan dari penyususnan angaran
b.      Pengesahan anggaran
c.      Pelaksanaan anggaran
d.      Pengawasan anggaran
e.      Pertanggungjawaban anggaran
3.      

1 komentar:

  1. Harrah's Cherokee Casino Resort - Mapyro
    Harrah's Cherokee Casino Resort is 문경 출장샵 a 33000 안성 출장안마 square foot casino hotel with 2,176 guestrooms and suites, five dining 안성 출장샵 destinations, and an 11,000-square-foot Location: 9.1 Rating: 성남 출장샵 7.8/10 · ‎4,903 reviews 경주 출장안마

    BalasHapus